Selasa, 29 April 2014

Tips untuk dapat 100BP untuk konsultan oriflame

Sering kesulitan untuk tutup poin 100 BP? 
Mau kejar WP1 di bulan pertama bergabung tapi belum tau caranya? 
Simak tips berikut ya... 
100 BP itu bisa didapat dengan cara : 
1. Mengalihkan belanja bulanan ke Oriflame 
2. Jualan 
3. Kombinasi nomor 1 dan 2 
Ini adalah contoh ilustrasi mengumpulkan 100 BP dengan cara momor 3 yaitu kombinasi jualan dan mengalihkan belanja bulanan ke Oriflame : 
1. Mengalihkan belanja bulanan ke Oriflame 
Tujuannya : 
- Dengan kita mencoba sendiri produk Oriflame, otomatis kita bisa share pengalaman kita dengan produk tersebut kepada pelanggan 
- Bisa dimanfaatkan untuk sampel loh...Tentunya dengan adanya sampel ini bisa dicobakan kepada pelanggan dan pelanggan juga akan lebih senang karena bisa mencoba sampelnya
Misalkan, kita mengalihkan produk bulanan sehari-sehari dari produk lain ke produk Oriflame, taruhlah untuk keperluan ini kita keluarin modal Rp 100.000,- ya, entah itu untuk beli sabun, sampo, roll on atau bedak, lipstik dan juga mungkin parfum. 
2. Untuk keperluan hadiah bagi teman dan keluarga, contohnya kalau ada yang ultah atau kawinan, boleh banget loh yang tadinya ngasih hadiah lain atau uang diubah jadi kasih produk Oriflame, lebih bagus lagi kalau diselipin katalognya Oriflame yang dilengkapi dengan identitas dan kontak kita, itung-itung promosi loh... 
Nah kalau untuk keperluan ini misalkan saja modal kita Rp 100.000,-. 
Kalau ditotal-total untuk nomor 1 dan 2 aja, kita udah mengeluarkan Rp 200.000,-. Kalau dikonversi ke poin ada sekitar 30-35 BP loh ya...Nah sisanya 70 BP an atau sekitar Rp 400.000,- itu dapet darimana ya? Nah lakukan poin nomor 3 ini ya... 
3. Investasi katalog, jangan pelit-pelit ahh sama katalog. Mau kumpulin 70 BP lagi ya harus punya katalog lebih dari satu dong, minimal punya 5, 20 malah lebih bagus lagi :) 
Sebar deh itu katalog ke 10 orang, minimal ya. Lalu dari katalog itu ya, kita jual satu produk yang harga konsultannya Rp 50.000,- aja ya dan misalkan dari 10 orang yang kita sebar katalog, 5 orang melakukan order si produk Rp 50.000 itu, maka kita dapet nih 5 x Rp 50.000,- = Rp 250.000,- yang poinnya sekitar 40 BP ya... 
Jadi kalau ditotal-total nih dengan melakukan 3 cara di atas secara bersamaan kita udah kumpulin poin 30 BP + 40 BP = 70 BP ya...Jadi sebenernya untuk bisa tutup 100 BP per katalog ataupun langsung kejar WP1 di bulan pertama kita gabung, itu bisa banget loh. Apalagi biasanya dari 1 katalog kita bisa dapet orderan senilai 50-100 ribu loh. :) 
Nah supaya makin mantap nih kumpulin 100 BP nya, simak lagi tips berjualan berikut ini ya... 
1. Setelah meminjamkan katalog kepada seseorang selama 2-3 hari, proaktif yuk tanyakan ke customernya, tertarik untuk melakukan order? Karena kadang gak semua pelanggan kita proaktif loh untuk langsung kontak duluan kita buat order. 
2. Lakukan cari order ini sejak minggu pertama ya supaya gak tergesa-gesa loh pas di akhir bulan, apalagi pas akhir bulan stok kosong udah makin banyak. 
3. Tidak terima hutang atau kredit ya.. 
Karena aku sering banget nih ketemu donwline yang bulan lalu orderannya kenceng tapi bulan ini seret dengan alasan modal belum balik karena ngasih kredit ke pelanggan. Jadi sebisa mungkin jangan kasih kredit/hutang ya, kalau nemu pelanggan yang mau berhutang langsung saja katakan 'mbak saya kan ikutan oriflame karena keterbatasan modal buat usaha. Jadi tolong banget ya mbak jangan berhutang, kalau produk yang mbak beli kemahalan, ini ada loh produk penggantinya yang harganya jauh lebih terjangkau :)' 
4. Jangan bergantung dengan produk yang dikson besar karena biasanya stoknya lebih cepat kosong 
5. Pelajari stok kosong dan product knowledge. Stok kosong bsia ya dilihat pada web oriflame. Kenapa harus belajar yang 2 ini? Supaya kalau ada yang order produk yang kita tau itu stoknya kosong, kita bisa langsung cari produk penggantinya ya yang fungsinya sama. 
6. Cari pelanggan yang mencakup segala macam pasarnya harganya Oriflame. Tau kan ya di Oriflame 3 brand dengan range harga beda? Ada very me, ada Oriflame Beauty dan Giordani Gold. nah, cari deh pelanggan sebanyak mungkin dan bervariasi, jadi kita gak cuman punya pelanggan yang loyal sama Very Me aja tapi kita juga punya pelanggan lain yang loyal sama Oriflame Beauty dan juga Giordani Gold loh. Dengan gitu kita gak akan kesulitan untuk tutup 100 BP loh per katalognya. Dan dengan cara ini kita juga bisa meinimalkan pelanggan yang suka ngutang-ngutang itu. Kalau pelanggannya gak mau bayar cash...ya tinggal cari pelanggan lain yang mau bayar cash. 
Gimana gak susah lagi kan ya untuk tutup poin 100 BP per katalog? Udah gak bingung kan untuk langsung tutup 100 BP di bulan pertama gabung? 
Yukkk ahhh kejar WP1 nya sekarang juga :)

Tidak ada komentar: